Skip to content

KENDALIKAN DIRI SAAT BERBUKA PUASA

16/08/2011

Menurut riwayat Tirmidzi dari hadits Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Hamba-hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah mereka yang paling menyegerakan (ta’jil) berbuka.”

 

Kendalikan diri anda saat berbuka puasa, berikut tips saat berbuka puasa:

  • Segerakanlah berbuka puasa jika sudah tiba waktunya.
  • Berbuka puasa sebaiknya diawali dengan makanan yang memiliki kadar glukosa alami untuk pemulihan energi di dalam tubuh, seperti kurma dan jus buah. Jus buah yang tidak asam dan tidak berasal dari suhu yang dingin dapat merupakan alternatif minuman berbuka yang sehat karena dapat mengembalikan kadar gula darah ke kadar normal
  • Makanan yang terlalu banyak mengandung gula tambahan seperti kolak, biji salak, es buah, dan sebagainya, kurang baik untuk  dikonsumsi
  • Makanlah secara perlahan-lahan, bertahap, dan kunyahlah dengan sempurna untuk membantu pencernaan tubuh menyesuaikan diri setelah berpuasa seharian
  • Jangan menyantap hidangan berbuka terlalu banyak, istirahatkan perut Anda setelah berbuka dengan menunaikan ibadah shalat terlebih dahulu baru kemudian menyantap hidangan utama
  • Untuk makan malam, konsumsilah makanan yang sehat dengan komposisi seimbang antara karbohidrat kompleks (nasi merah, pasta, roti gandum), protein (ayam, ikan, kacang-kacangan), serat (sayuran), lemak, vitamin, dan mineral
  • Konsumsilah cairan dalam jumlah cukup (1,5-2 L/hari) dari waktu berbuka hingga waktu sahur untuk menghindari kondisi dehidrasi (kekurangan cairan)
  • Jangan jadikan berbuka puasa merupakan ajang balas dendam dengan mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya. Konsumsi berlebihan dan makan makanan dengan kadar lemak tinggi justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kembung, konstipasi (sulit BAB), heart burn, nyeri perut, dan gangguan pencernaan lainnya. (TRH)

KONTROL MAKAN SAAT BERBUKA

Pada saat berbuka puasa hindarilah makan-makanan yang terlalu manis atau terlalu tinggi kalorinya seperti makan makanan yang bersantan seperti kolak atau terlalu dingin atau panas. Lebih baik makan makanan manis yang ringan seperti es buah yg tidak terlalu dingin atau makan makanan ringan atau makan buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami (seperti korma atau pisang dan buah-buahan).

Batasi pola makan ketika berbuka. Hindari pula langsung memakan menu utama pada waktu berbuka puasa. Serta usahakan untuk makan malam tidak terlalu larut malam. Intinya, hindari langsung tidur karena kekenyangan setelah makan malam. Karena justru hanya akan memperbanyak timbunan lemak yang ada.

Sumber: http://www.klikdokter.com/healthnewstopics/

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: