Skip to content

Buka Puasa Bersama Karyawan

07/09/2009

Sebagaimana tradisi yang sudah berjalan lama. Buka puasa bersama di bulan penuh rohmat, Romadlon, merupakan salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa solidaritas diantara seluruh jajaran team work RS. Mawaddah Medika.

Di tahun 2009 ini, atau lebih tepatnya bulan Romadlon 1430H, merupakan tahun pertama berjalannya RS. Mawaddah Medika. Oleh karenanya, nuansa yang berbeda juga dirasakan. Perubahan menjadi rumah sakit, menjadikan seluruh jajaran tim kerja merasakan tanggungjawab yang lebih besar lagi, untuk memberikan kepuasaan terhadap konsumen. Dalam hal ini pasien, keluarga pasien atau pengunjung yang lain.

Hal tersebut juga tak lepas dari usaha keras untuk mengimplementasikan falsafah: ‘Ikhlas dalam melayani (Ikhlas dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan.)’. Sesuatu yang mudah untuk diucapkan, namun harus butuh kesabaran, ketelatenan, usaha keras serta doa untuk mewujudkannya.

Acara yang didahului dengan pertemuan bulanan karyawan ini, dikuti oleh seluruh karyawan, kecuali bagi yang sedang bertugas atau piket jaga. Meski dikemas sederhanan, namun cukup hikmat dengan pengantar kultum yang disampaikan oleh Ust. Syamsul Ma’arif.

Dalam kultum yang disampaikan, beliau menyampaikan tentang makna ikhlas. Dimana setiap perbuatan yang didasarkan pada rasa ikhlas, pasti akan menimbulkan kenikamatan pada yang melakukannya. Beliau mencontohkan perilaku seorang santri dan seorang kyai-nya. Dimana seorang kyai memberikan sesuatu yang nilainya jauh lebih besar daripada apa yang diberikan santrinya kepada kyai tersebut. Sehingga sang santri sampai meminta maaf dengan amat, karena merasa terlalu dihargai oleh sang kyai.

Namun sang kyai dengan bijak menyampaikan bahwa apa yang diberikan didasari atas ketulusan. Itu saja. Tanpa melihat nilai harga benda tersebut. Sebagaimana juga yang telah dilakukan oleh sang santri kepada kyainya.

Di situ ada pesan moral yang dapat diambil, bahwa perbedaan status sosial tidak menghalangi seseorang untuk berbagi kebaikan dan berbuat ikhlas. Hal demikian juga septutnya dicontoh oleh jajaran tim kerja pada RS. Mawaddah Medika. Bahwa sistem kerja bisa berjalan dengan baik, jika semua bisa bekerja dengan baik dengan didasari semangat dan niat ikhlas untuk bekerja secara sungguh-sungguh.

Setelah acara kultum, dilanjutkan dengan santap ta’jil, sholat Maghrib bersama dan diakhiri dengan buka puasa. Semoga acara buka puasa bersama lebih baik di tahun-tahun yang akan datang. Amin.(Zoel)

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: