Skip to content

Kanker Payudara

23/08/2009

Kanker payudara (Breast Cancer) adalah tumor ganas yang berbentuk sel dalam payudara, biasanya di baris yang ducts,  sedangkan yang lain mengambil bentuk dalam lobules, dan sisanya di jaringan lain payudara. Meskipun sebagian besar perempuan yang menderita kanker payudara, juga bisa laki-laki .

Perempuan dengan tahap awal kanker payudara biasanya tidak merasa sakit, namun beberapa kemungkinan gejala kanker payudara termasuk perubahan dalam  payudara atau puting susu terasa dan terlihat, kelembutan, pembongkaran, dan batin bentil beralih ke payudara. Gejala-gejala tersebut belum tentu akibat kanker, karena masalah-masalah kesehatan lainnya juga dapat menyebabkannya. Namun, seorang wanita harus memeriksakan diri ke dokter jika merasa sakit atau merasakan salah satu gejala di atas.

Setelah menanyakan beberapa pertanyaan dan melakukan pemeriksaan fisik yang lengkap, dokter menyarankan tes lebih lanjut. Hal ini dapat meliputi: mammogram, ultrasound, magnetis resonansi imaging (MRI), dan / atau biopsi. Lainnya noninvasive invasi dan tes yang dilakukan untuk menentukan apakah kanker telah menyebar ke tempat lain di dalam tubuh.

Pilihan untuk pengobatan kanker payudara meliputi operasi (seperti lumpectomy, mastectomy, dan getah bening node pembedahan), terapi radiasi, bertarget therapies, terapi hormonal, dan kemoterapi.

diolah dari: artikel kesehatan

%d blogger menyukai ini: